Sabtu, 15 Juni 2013

Lasem Siap Menjadi Kota Pusaka !!

http://dmcd6hvaqrxz0.cloudfront.net/2013/06/13/ffd644ebf44cf9c903eb12b071adf1d0.jpg
 
Mungkin bagi kalian, nama Lasem masih terdengar asing. Kecuali bagi mereka yang memang tinggal di daerah Rembang, Jawa Tengah. Kota kecil ini memang berada di Kabupaten Rembang dan terletak di pesisir pantai Laut Jawa. Tapi jangan salah, walaupun kecil, kota ini mempunyai impian yang besar, yakni menjadi Heritage City atau Kota Pusaka pertama di Indonesia.

Inisiatif ini berawal dari kerjasama Forum Komunikasi Masyarakat Sejarah (Fokmas) Lasem dan Rembang Heritage Society. Mereka mencoba untuk mengumpulkan data sejarah dan budaya Lasem, membangkitkan kembali kesenian rakyat, mengangkat batik Lasem dan menggandeng para tokoh masyarakat setempat demi merealisasikan impian mereka.

Budaya Lasem memang beragam, karena memang ada percampuran budaya lain. Kota ini dulu sempat menjadi tempat persinggahan pertama orang-orang Tionghoa di bumi Nusantara. Jadi jangan heran kalau orang-orang menjuluki kota ini Tiongkok Kecil. Di sini kamu dapat dengan mudah menemukan perkampungan Tionghoa beserta nuansa budaya mereka yang sangat kental.

Selain itu Lasem juga terkenal dengan batiknya. Lasem mengalami masa keemasan batik ketika kota ini masuk lima besar kota batik di Indonesia bersama Pekalongan, Yogyakarta, Surakarta, dan Banyumas. Sayangnya batik Lasem sempat menghilang karena bahan untuk membatik hilang di pasaran. Padahal motifnya terkenal berani khas batik pesisir. Inilah yang coba diangkat lagi oleh warga Lasem.

Unsur budaya ini akan dikombinasikan dengan situs-situs arkeologi yang dimiliki oleh kota ini. Bahkan situs-situs bersejarah yang ada di Lasem sedang dalam proses untuk menjadi Kawasan Cagar Budaya.

Wah, pastinya bakal keren ya kalau misal mimpi warga Lasem terwujud. Pasti gak bakal nyangka kalau ternyata kota kecil ini memiliki berbagai kekayaan budaya yang bisa dibanggakan.





sumber | iniunic.blogspot.com | http://travelling.lintas.me/go/mndt.lk/kota-di-pesisir-jawa-ini-siap-jadi-kota-pusaka