Minggu, 30 Juni 2013

Berat Badan Sulit Turun Pasca Operasi Caesar? Ini Olahraganya!!

Jakarta, Adalah hal yang wajar bila berat badan naik beberapa kilogram selama masa kehamilan. Tapi tidak semua wanita bisa dengan mudah menurunkan bobotnya kembali setelah persalinan, terlebih bila melakukan operasi caesar. Tapi jangan menyerah, beberapa olahraga efektif menurunkannya.
http://images.detik.com/content/2013/06/29/764/100104_ibuanakolahragats.jpg 

Penurunan berat badan setelah melahirkan dengan jalan caesar biasanya lebih lambat ketimbang persalinan normal. Sebab, caesar tidak memungkinkan ibu untuk memulai latihan fisik dengan segera. Selain itu, bekas luka di perut membuat Anda lebih sulit mendapatkan perut rata.

Butuh waktu 1 sampai 3 bulan untuk pulih pasca caesar. Wanita harus memulainya dengan beberapa latihan dasar. Latihan-latihan ini bekerja pada perut dan juga memperkuat otot-otot tubuh. Latihan pasca caesar harus memperhitungkan fakta bahwa otot perut masih lembut, Anda tidak dapat melakukan latihan berat seperti ab crunches segera.

Berikut beberapa latihan penurun berat badan yang cocok untuk ibu pasca melahirkan caesar, seperti dilansir Boldsky, Sabtu (29/6/2013):

1. Jalan cepat
Setelah melahirkan caesar, jalan kaki adalah salah satu latihan terbaik untuk Anda. Hal ini aman dan juga membantu pemanasan otot-otot. Wanita pasca operasi belum cukup kuat untuk berlari, sehingga jalan cepat akan membantu menurunkan berat badan.

2. Aerobik ringan
Latihan aerobik ringan baik untuk penurunan berat badan setelah melahirkan caesar. Musik akan menghibur Anda dan juga akan membuat tubuh berkeringat.

3. Tummy Twirls
Latihan ini dilakukan dengan gerakan hulahoop tapi tanpa meletakkan lingkaran tersebut di perut. Ini membantu untuk menggerakkan otot-otot perut tanpa menempatkan terlalu banyak tekanan.

4. Yoga pose jembatan (Bridge Pose)
Yoga dengan pose jembatan sangat ideal untuk wanita setelah melahirkan. Pertama berbaring telentang dan kemudian angkat tubuh dengan kaki dan tangan tanpa melipat otot perut. Latihan pasca caesar ini dapat memperkuat punggung.

5. Latihan dasar panggul
Sampai Anda cukup kuat untuk melakukan sit-up lagi, lakukan latihan dasar panggul. Berbaring di lantai dan tarik perut dan pusar Anda kuat, tahan selama 30 detik dan lepaskan.

6. Berenang
Setelah tekanan melahirkan, Anda akan menemukan kolam renang adalah tempat yang sangat santai. Air akan memberikan daya apung untuk tubuh dan renang adalah salah satu latihan terbaik untuk menurunkan berat badan karena bekerja pada semua otot tubuh.

7. Spot jogging
Para ibu yang tidak bisa keluar rumah dengan meninggalkan bayinya sendirian, bisa mencoba spot jogging atau jogging di tempat. Berdiri di satu tempat dan mulai berlari. Ini akan memberi beberapa latihan kardio dan melonggarkan stres otot.

8. Skipping
Setelah tubuh cukup kuat, Anda dapat melakukan latihan seperti lompat tali atau melompat-lompat. Ini akan membantu melatih otot-otot kaki serta penurunan berat badan.





sumber | iniunic.blogspot.com | http://health.detik.com/read/2013/06/29/095549/2287821/764/berat-badan-sulit-turun-pasca-operasi-caesar-ini-olahraganya