Minggu, 30 Juni 2013

Kota-Kota Tertua di Dunia !!

Tahukah Anda jika ternyata ada beberapa kota di dunia ini yang telah ada sejak ribuan tahun sebelum maseshi? Uniknya, kota-kota tersebut hingga kini masih tetap ada dan masih tetap disibukkan dengan sederet aktivitas-aktivitas manusia. Mungkin Anda bisa menjadikannya sebagai list untuk mengisi liburan panjang kali ini. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Lisbon, Portugal (2000 SM)

foto lisbon oleh unik segiempat

Lisbon menjadi kota tertua pertama yang akan dibahas dalam artikel ini. Lisbon didirikan oleh bangsa Iberia di sebuah perbukitan rendah yang terletak di utara Sungai Tagus. Pemandangan kota Lisbon dihiasi dengan istana-istana kuno yang telah di restorasi, gereja-gereja tua dan berbagai bangunan Art Nouveau. Selain itu, di sini Anda dapat mengunjungi berbagai maca, musem yang menakjubkan seperti Calouste Gulbenkian Museum, National Coach Museum dan Carmo Archaeological Museum yang menyimpan berbagai barang yang digunakan oleh rakyat Lisbon di kehidupan masa lalu. Di Bairro Alto, Anda dapat menjumpai kehidupan malam yang dilengkapi dengan berbagai restoran, bar dan club. Jika Anda ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah, Anda cukup mengunjungi Campo de Santa Clara yang menjual pernak-pernik khas Lisbon.
 
2. Luxor, Mesir (Sebelum 2160 SM)
 
foto luxor1 oleh unik segiempat
 
Luxor merupakan sebuah kota yang dulunya dikenal dengan nama Thebe. Thebe adalah sebuah kota indah yang khsusus dipersembahkan untuk Dewa Amon Ra, dewa yang disembah oleh rakyat Mesir kala itu. Namun beberapa tahun kemudian, Luxor menjadi salah satu kota yang banyak dikunjungi oleh turis asing, terutama turis dari jaman Romawi dan Yunani. Awalnya Luxor hanyalah sebuah lahan yang terdiri dari monumen-monumen Luxor, Karnak, Hatshepsut dan Ramses III. Bangunan-bangunan itu justru membuatnya lebih nampak seperti museum terbuka. Luxor terdiri dari tiga bagian, yaitu Luxor yang berada di sisi timur Sungai Nil, kota Karnak dan Thebe yang berada di sisi barat sungai Nil dan sebuah kota berseberangan dengan Luxor. Namun oleh pemerintah Mesir, kini ketiga wilayah itu disatukan dan menjadi sebuah kota paling populer di Mesir bernama Luxor.

foto luxor2 oleh unik segiempat

3. Konya, Turki (2600 SM)

foto konya1 oleh unik segiempat

Konya diapit oleh dua lautan, yaitu Laut Tengah dan Laut Hitam dan berada pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Konya didirikan diatas stepa Anatolia dan merupakan salah satu kota paling menarik yang harus Anda kunjungi di Turki. Di sini, Anda dapat mengunjungi salah satu museum terkenal yaitu Green Mausoleum of Mevlana Celaleddin Rumi. Di dalam muse mini, bersemayamlah jasad penyair terkenal yang pernah dimiliki Turki. Selain Green Mausoleum of Mevlana Celaleddin Rumi, Anda juga dapat mengunjungi beberapa museum lainnya seperti Chaeological Museum, Koyunoglu Museum dan Ethnographical Museum.

foto konya2 oleh unik segiempat

4. Zurich, Swiss (3000 SM)

foto zurich oleh unik segiempat

Zurich merupakan kota terbesar di Swiss dan kota tertua di Eropa yang telah ada pada 3000 SM. Zurich didirikan pada zaman Romawi dan dulunya bernama Turicum. Bahnhofstrasse mrupakan salah satu jalanan yang dipenuhi dengan kafe, toko barang antik dan butik yang dapat membawa Anda kembali pada masa lalu Zurich. Selain Bahnhofstrasse, Anda dapat mengunjungi Grossmünster dan Fraumünster yang merupakan dua gereja tua berinterior indah. Selain itu, di Zurich Anda dapat mengunjungi Swiss National Museum atau Kunsthaus yang merupakan salah satu musium paling terkenal di dunia. Selain keindahan kotanya, Zurich juga dikenal sebagai salah satu kota terbersih dan terindah di dunia. Karena itu, Anda harus memasukkannya dalam list traveling Anda pada liburan kali ini.

5. Kirkuk, Irak (3000 SM)

foto kirkuk oleh unik segiempat

Kirkuk merupakan kotak terpenting bagi orang Kurdi karena memiliki jejak-jejak arkeologi yang berusia lebih dari 50 abad. Selain itu, Kirkuk juga menjadi pusat industri minyak di Irak. Kirkuk berdiri kokoh di bekas pusat kebudayaan kuno Asiria dan pernah menjadi saksi bisu terjadinya pertempuran tiga Kekaisaran besar saat itu, yaitu Asiria, Babilonia dan Media yang secara bergantian mengambil alih kekuasaan Kirkuk. Di sini, Anda dapat mengunjungi makam Nabi Daniel (Kristen), berbelanja di Pasar Al Qaysareyah dan merasakan sensasi kehidupan masa lalu di Qal’at Jarmo dan Yorgan Tepe yang terletak di pinggiran Kirkuk.

6. Yerusalem, Palestina (3000 SM)

foto yerussalem oleh unik segiempat

Yerussalem dikenal sebagai kota suci bagi tiga agama terbesar dunia, yaitu Islam, Nasrani, dan Yahudi yang telah ada sejak 3000 SM. Yerussalem terdiri atas tiga bagian, yaitu Yerusalem Barat (bagian yang paling cepat berkembang dan menjadi pusat perdagangan), Yerusalem Timur (Tempat permukiman populasi Arab) dan Kota Tua (yang memiliki pemandangan yang sangat indah).

7. Gaziantep, Turki (3650 SM)

foto gaziantep oleh unik segiempat

Kota paling tua di dunia ditempati oleh Gaziantep yang telah berdiri kokoh sejak 3650 SM di Turki. Kota yang dulunya bernama Gaziantep merupakan bagian sejarah pada zaman Het (Hittite). Gaziantep kemudian ditinggal secara terus-menerus sejak zaman Paleolithic. Namun Gaziantep kemudian tumbuh dengan pesat bersama Kekaisaran Ottoman. Itu adalah sejarah Gaziantep pada zaman lalu.
Sekarang, Giazantep telah menjelma menjadi ibukota Provinsi Gaziantep yang ramah dan dilengkapi dengan banyak bangunan masjid, madrasah, penginapan dan pemandian yang telah ada sejak beberapa abad lalu. Selain itu, rumah-rumah tua yang terbuat batu lengkap dengan taman dan pohon anggur menjadi sebuah suguhan pemandangan indah yang pernah Anda temui di Turki.





sumber | iniunic.blogspot.com | http://fun.lintas.me/go/unik.segiempat.com/kota-kota-tertua-di-dunia