Senin, 17 Juni 2013

Jejak Si Pitung di Rawa Belong !!


http://images.detik.com/customthumb/2013/06/17/10/khatibd.jpg?w=460
Khatib (dokumen pribadi)
Jakarta - Rawa Belong, Jakarta Barat, diyakini adalah tanah kelahiran Si Pitung. Namun, bagaimana kiprahnya di Rawa Belong itu?

detikcom menemui Khatib, yang mengaku sebagai kerabat Si Pitung di Rawa Belong. Khatib mengatakan, ia masih memiliki hubungan darah dengan si Pitung. Si Pitung, imbuh Khatib, adalah 7 bersaudara. Kakek Khatib yang bernama Haji Jamiin merupakan kakak tertua si Pitung. Haji Jamiin ini adalah anak pertama sedangkan si Pitung anak ketujuh.

Khatib menceritakan si Pitung mulai berkelana pada usia 17 tahun. Sebelum mencapai usia tersebut Si Pitung menghabiskan masa kecilnya di Rawa Belong dengan kegiatan anak kecil seusia dia pada umumnya. Tak banyak yang dapat digali dari masa kecil jagoan betawi tersebut.

"Waktu kecil, Pitung membantu pekerjaan orang tuanya, berdagang," ujar Khatib yang ditemui detikcom di kawasan Rawa Belong, Jakarta Barat.

Keluarga Si Pitung bisa dibilang cukup terpandang di Rawa Belong. Pitung remaja kemudian memutuskan untuk berguru kepada Haji Naipin di Marunda, Jakarta Utara. Di sana ia tak hanya berlatih silat tapi juga mengenal dasar-dasar ilmu agama.

Mengenai keberadaan yang diyakini adalah kerabat Si Pitung di Rawa Belong, sejarawati UI Siswantari mengatakan tak menutup kemungkinan.

"Bisa jadi. Banyak versi yang meyakini Si Pitung berasal dari Rawa Belong," ujar Siswantari.

Namun Siswantari mengatakan belum ada bukti otentik mengenai kekerabatan Si Pitung di Rawa Belong. "Sumber dokumen dan catatan sejarahnya terbatas," jelas Siswantari yang ditemui detikcom di kantornya, Fakultas Ilmu Budaya UI, Depok, Jawa Barat pekan lalu.




sumber | iniunic.blogspot.com | http://news.detik.com/read/2013/06/17/101140/2275166/10/menelusur-jejak-si-pitung-di-rawa-belong?9911012