Jumat, 21 Juni 2013

Ini Sebabnya Wanita Lebih Suka Belanja dibandingkan Pria

Shopaholic merupakan istilah yang lebih sering disematkan pada wanita. Ketimbang pria, wanita memang cenderung lebih suka berbelanja. Kenapa sebenarnya secara psikologis wanita hobi belanja?


                             img 

Psikolog Kasandra Putranto menjelaskan pada dasarnya wanita berbelanja bukan hanya untuk dirinya sendiri. Saat berbelanja wanita cenderung membeli barang atau makanan untuk seluruh orang di rumahnya.

"Contoh, kalau suami beli mobil, kalau istri beli makanan, baju, peralatan bersih-bersih. Jadi lebih banyak yang dibeli oleh seorang wanita, di samping memang barang untuk dirinya sendiri lebih banyak," ujar Kasandra saat diwawancara wolipop Rabu (19/6/2013).

Beberapa wanita, menurut Kasandra punya kecenderungan untuk kompulsif sehingga ketika belanja tidak bisa fokus. "Jadi sudah beli warna ini, mau lagi warna lain. Ada kecenderungan seperti itu tapi tidak semua orang," tambahnya.

Penyebab lainnya wanita sangat suka belanja diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan para ilmuwan di University of Michigan School of Public Health. Seperti dikutip dari Discovery News, dalam penelitian yang diketuai oleh Daniel Kruger itu terungkap, perbedaan perilaku belanja antara pria dan wanita ini sudah terlihat sejak zaman nenek moyang di masa berburu.

Misalnya saja, jika pria masa kini dalam hal belanja fokus dan tahu apa yang dicari saat pergi ke suatu toko, perilaku ini mirip dengan sikap pria zaman dulu yang ingin mencari buruan dan pulang membawa hasil secepat mungkin ke rumah. Sedangkan wanita perilakunya yang hobi memilah-milah barang dan berpindah-pindah toko saat berburu sale, sama seperti sikap wanita zaman dulu yang ketika mencari makanan memilah-malah mana yang matang dan baik untuk dimakan.



(eny/eny)



sumber | iniunic.blogspot.com | http://wolipop.detik.com/read/2013/06/21/083511/2279764/1141/ini-sebabnya-wanita-lebih-suka-belanja-ketimbang-pria?w992201835