Jumat, 21 Juni 2013

Pemanjat Inggris ini Taklukkan Tebing ter-Ekstrem se-Dunia

El Delfin yang berada di Sierra Guara National Park, Spanyol, adalah salah satu tebing terekstrem sedunia. Pemanjat tebing profesional asal Inggris berhasil menaklukkan tebing ini, meski sempat terjatuh 3 kali!


            img 

Tebing El Delfin berlokasi di Sierra du Guara National Park, 10 menit dari Desa Rodellar di Provinsi Huesca, Spanyol. Sudah lama tebing ini menjadi surganya para pemanjat tebing profesional. Tebing-tebing batu kapur menjulang tinggi setinggi 40 meter.

Adalah Ally Smith (32), pemanjat tebing profesional asal Inggris yang berhasil menaklukkannya. Dia menghabiskan waktu 7 jam untuk mendaki tebing ini sampai atas. Smith bahkan sempat terjatuh 3 kali, beruntung ada tali yang menjaganya sehingga tidak terjatuh. Tali itu juga membantu Smith berayun kembali ke tebing.

"Saya sangat berkonsentrasi sehingga tidak bisa menikmati panorama sekitar, sampai pendakian itu selesai dan saya melihat fotonya," tutur Smith seperti dilansir dari News Australia, Jumat (21/6/2013).

Rute pendakian di tebing tersebut awalnya tidak terlalu sulit untuk dilalui. Tapi, para pemanjat tebing harus melakukan gerakan langsung dari tapakan kaki yang pertama.

"Ini adalah pendakian terakhir hari itu, dan saya butuh 3 kali percobaan untuk menyelesaikannya. Saya merasa letih, tapi senang karena berhasil menaklukkan rute yang sangat ikonik," tambah Smith.

Passion: Mr Smith, 32, from Chester, Cheshire, has spent the last 15 years climbing rock faces around the world

Conquered: Hanging quite literally by a thread, this is the adrenaline pumping moment climber Ally Smith conquers one of the world's most treacherous climbs

Achievement: Located in Rodellar in Northern Spain, the huge, rocky arch is considered one of the hardest climbs in the world, with only 1 per cent of climbers completing the climb

 Determined: Mr Smith 

                    Climber Ally Smith

 sumber | iniunic.blogspot.com | http://travel.detik.com/read/2013/06/21/071112/2279719/1382/pemanjat-inggris-taklukkan-tebing-terekstrem-sedunia?991104topnews