Senin, 08 Juli 2013

LEGO Mindstorms NXT



Spoilerfor Bagian-Bagian NXT:

Port Motor ( 1 )
NXT punya 3 port Output untuk Motor : Port A, B, C
Port USB ( 2 )
Hubungkan kabel USB ke Port USB dan Download program kamu dari komputer ke NXT (atau Upload data dari Robot ke komputer).
NXT Display ( 3 )
NXT dilengkapi dengan beberapa display menu, lihat MINDSTORMS NXT user guide yang terdapat di dalam NXT set untuk informasi lengkap tentang pilihan dan ikon display NXT.
Loudspeaker ( 4 )
Buat suatu program dengan suara dan dengarkan suara itu ketika kamu jalankan program tersebut
Tombol NXT
Tombol orange (6): On/Enter /Run. Tombol panah Abu-abu (5&8) : digunakan untuk pindah ke kiri / kanan pada Menu NXT. Tombol abu tua (7) :Clear/kembali
Port Sensor ( 9 )
NXT punya 4 port Input untuk Sensor. Secara Default port sensor sbb : Port 1= Touch Sensor, Port 2= Sound Sensor, Port 3= Light Sensor, Port 4= Ultrasonic Sensor

Spoilerfor Sensor NXT:
Spoilerfor Sound Sensor:
Sound Sensor mendeteksi level suara : lembut atau keras suatu suara. Sound Sensor mendeteksi baik db atau dBA.
dBA : suara yang dapat didengar oleh telinga manusia
db : semua suara, termasuk suara yang terlalu tinggi atau rendah untuk bisa didengar oleh telinga manusia.
Sound Sensor bisa mengukur level suara sampai dengan 90 db-seperti suara mesin potong rumput. Sound Sensor yang dibaca pada LEGO MINSTROMS NXT ditampilkan dalam persen(%) dari suara yang bisa dibaca oleh sensor. Untuk perbandingan, 4-5% seperti sunyi sebuah ruangan, dan 5-10% seperti orang bicara dari jarak jauh,10-30% orang bicara normal dekat dengan sensor atau musik yang di putar normal dan 30-100% menunjukkan orang yang berteriak atau musik yang diputar pada volume tinggi. Rentang ini pada jarak sekitar 1 meter antara sumber suara dan Sound Sensor.

Spoilerfor Touch Sensor:
Touch Sensor pada NXT bekerja layaknya sebuah Saklar Tekan. Dengan cara ditekan, dilepas dan bumped (mirip double klik pada mouse kompi)

Spoilerfor Light Sensor:
Light Sensor membuat robot bisa membedakan antara terang dan gelap, untuk membaca intensitas cahaya pada sebuah ruangan, dan untuk mengukur intensitas cahaya pada permukaan yang berwarna.

Spoilerfor Ultrasonic Sensor:
Ultrasonic Sensor membuat robot dapat melihat dan mengenali objek, menghindari rintangan, mengukur jarak dan mendeteksi gerakan.
Ultrasonic sensor menggunakan prinsip yang sama seperti kelelawar. Dia mengukur jarak dengan menghitung waktu yang ditempuh oleh gelombang suara untuk mengenai suatu benda dan kembali lagi seperti echo. Ultrasonic Sensor mengukur jarak dalam cm dan inch. Ultrasonic sensor dapat mengukur jarak dari 0-2,5 m dengan toleransi +/- 3 cm.
Objek yang lebar dengan permukaan yang keras memberikan hasil pembacaan terbaik. Objek dari bahan yang lembut, objek berbentuk kurva (contoh: bola) atau dari objek yang kecil dan tipis
akan sulit untuk dibaca sensor.

Spoilerfor NXT Bluetooth:
Bluetooth adalah teknologi komunikasi yang memungkinkan kita untuk mengirim dan menerima data tanpa menggunakan kabel. Dengan Bluetooth Anda dapat membuat koneksi antara NXT dengan peralatan Bluetooth yang lain seperti NXT, handphone dan computer.
Setelah hubungan dengan Bluetooth dibuat Anda dapat menggunakannya un- tuk hal-hal berikut:
Download program dari computer tanpa menggunakan kabel
Mengirimkan program dari NXT ke komputer.
Mengirimkan program ke beberapa NXT baik ke satu NXT atau beberapa NXT sekaligus. Maksimal 3 NXT.
Jika Anda mempunyai Handphone dengan Bluetooth, Anda bisa menggunakannya untuk mengontrol Robot. Anda bahkan bisa menggunakannya sebagai sensor tambahan, misalnya sensor camera .
Kunjungi www.MINDSTORMSeducation.com, untuk informasi tentang spesifikasi handphone yang dibutuhkan.
NXT Bluetooth, Anda bisa mengatur koneksi tanpa kabel antara NXT Anda dan peralatan Bluetooth yang lain, seperti NXT lain, handphone, dan komputer.
Anda bisa menggunakan Bluetooth untuk download program tanpa menggunakan kabel USB. Anda bahkan bisa memprogram handphone untuk mengontrol NXT.

Menu Bluetooth pada NXT

1. Pilih menu Bluetooth pada layar NXT
2. Search ==> Untuk mencari peralatan Bluetooth yang lain. Setelah kamu menekan ikon search otomatis akan mulai mencari peralatan Bluetooth yang lain yang bisa dihubungkan.
3. My Contact ==> berisi peralatan Bluetooth yang telah terhubung dengan NXT sebelumnya. Peralatan yang ada pada kontak list bias secara otomatis terhubung dengan NXT dan mengirim data tanpa menggunakan passkey. Untuk menambahkan pada my contact gunakan fungsi search.
4. Connections ==> berisi daftar peralatan yang terhubung dengan NXT. Kamu bisa menghubungkan dengan 3 peralatan Bluetooth dalam 1 waktu (line 1, 2, 3) dan 1 alat Bluetooth lain bisa terhubung dengan kamu (line 0). Kamu hanya bisa berkomunikasi dengan satu alat saja pada satu waktu.
5. Visibility ==> gunakan pilihan visible untuk membuat NXT Anda terlihat atau tidak oleh peralatan Bluetooth yang lain ketika melakukan pencarian.
6. Passkey ==> Passkey untuk memastikan bahwa hanya peralatan Bluetooth yang Anda setujui saja yang bisa terhubung dengan NXT Anda.
7. On/Off ==> Anda dapat merubah Bluetooth menjadi ON/OFF. Untuk menghemat battery,matikan Bluetooth jika tidak digunakan. Catatan : pada kondisi default Bluetooth mati.

Connecting your NXT to Another NXT

1. Pilih menu Bluetooth
2. Pilih ikon search untuk mencari peralatan Bluetooth yang lain. NXT secara otomatis mencari peralatan Bluetooth dalam jarak 0-30 m (0-33 yards).
3. Tergantung berapa banyak yang terdeteksi. Daftar peralatan Bluetooth akan muncul pada layar setelah beberapa detik.
4. Pilih NXT yang ingin Anda hubungkan. Ingat bahwa Anda bias merubah nama pada NXT Anda
5. pilih jalur yang ingin Anda pakai dalam koneksi (1, 2 atau 3). Anda bisa terhubung dengan 3 NXT sekaligus dalam waktu yang bersamaan.
6. Jika Anda menghubungkan NXT pada pertama kali, NXT akan meminta passkey. Langsung tekan enter untuk menggunakan default passkey 1234 atau buat passkey Anda sendiri. Peralatan Bluetooth yang lain harus tahu passkey Anda untuk konfirmasi hubungan. Ini berarti 2 NXT perlu memasukan passkey yang sama agar bisa terhubung.
Jika Anda ingin menghubungkan NXT ke lebih dari 1 peralatan Bluetooth, Anda bisa mulai dengan pencarian yang baru atau ke menu my contact untuk memilih peralatan.

Connecting Your NXT to Mobile Phone

Jika Anda mempunyai handphone (Symbian Nokia dan SE, Android) dengan Bluetooth, Anda bisa menggunakannya untuk LEGO Mindstorm Education NXT. Lihat www.MINDSTORMEDUCATION.com. Untuk mendownload dengan koneksi Bluetooth Mindstorm untuk handphone Anda. Di website, Anda bisa menemukan banyak informasi bagaimana menghubungkan NXT ke handphone.

sumber | iniunic.blogspot.com | http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013611418/share-lego-mindstorms-nxt/