Senin, 08 Juli 2013

Ditemukan Model Standar ‘Partikel Tuhan’

NEW YORK, BARATAMEDIA – Ilmuwan melaporkan telah ditemukan Partikel baru seperti Higgs boson oleh Large Hadron Collider di Swiss musim panas lalu, setelah dilakukan pencarian lebih lama.
Para peneliti AS mengatakan, berdasarkan hasil analisis data LHC yang dirilis Kamis, telah ditemukan partikel Higgs Model Standar.

Brookhaven National Laboratory di New York telah mengkonfirmasi keberadaan partikel Higgs, sebuah partikel dapat memberi massa kepada partikel elementer lainnya, hal itu dipastikan dari sisa potongan terakhir. ” Model Standar koleksi partikel terkecil dan kekuatannya itu terlihat, bagaimana mereka berinteraksi untuk membentuk alam semesta,” katanya.

Selain itu, hasil terbaru yang dirilis pada sebuah konferensi di Italia, menunjukkan partikel baru dicocokkan dengan perilaku Higgs boson, atau yang disebut juga sebagai “partikel Tuhan” dari tempat yang mendasar di pusat teori fisika.

“Ketika kita menemukan partikel itu, kami tahu, kami menemukan sesuatu yang signifikan,” kata anggota tim LHC Kyle Cranmer dari New York University. “Sekarang, kami hanya mencoba untuk membangun properti,”

Namun, jika partikel itu disamakan sebagai Higgs, itu tidak akan berarti akhir dari penelitian teori fisika.

Salah satu ilmuwan, seorang peneliti dan Fermilab di Batavia, Illinois, Patty McBride mengatakan bukti nyata bahwa partikel baru adalah model standar Higgs boson masih belum akan melengkapi pemahaman kita tentang alam semesta. Sebab masih banyak pertanyaan yang harus dijawab dan dikembangkan.


“Kami masih tidak akan mengerti mengapa gravitasi sangat lemah dan kita akan menghadapi juga persoalan yang dimiliki misteri materi gelap . Tapi itu belum cukup memuaskan untuk selangkah lebih dekat mengungkap dan menvalidasi teori yang berumur 48 tahun itu,” katanya.





sumber | iniunic.blogspot.com | http://www.kaskus.co.id/thread/51448cbb20d719ad24000003/ditemukan-model-standar-partikel-tuhan/