Senin, 08 Juli 2013

Bisakah Gelar ' Sir ' didapatkan Andy ?!!

London - Publik Inggris Raya mesti menanti puluhan tahun sampai akhirnya ada lagi atlet mereka yang menjuarai Wimbledon, seiring dengan keberhasilan Andy Murray tahun ini. Gelar "Sir" pun kini tampaknya menanti Murray.
http://images.detik.com/content/2013/07/08/79/murrayclivebrunskill.jpg 

Murray berhasil menyabet gelar juara tunggal putra Wimbledon 2013 usai mengalahkan Novak Djokovic di partai puncak, Minggu (7/7/2013). Ini merupakan titel Grand Slam kedua untuk petenis kelahiran Skotlandia 26 tahun lalu itu, setelah meraih yang pertama di AS Terbuka tahun 2012 lalu.

Untuk publik Inggris Raya, capaian Murray itu juga amat membanggakan. Pasalnya, sudah 77 tahun berlalu sejak kali terakhir ada petenis Inggris Raya yang bisa tampil menjadi kampiun dalam Grand Slam di negaranya sendiri--Wimbledon.

Maka bergulirlah wacana untuk memberikan gelar "Sir" kepada Murray. Sumber Daily Mail menyebut, Pemerintah Inggris akan mengajukan nama Murray ke Honours Committee karena ia telah menyamai capaian pesepeda Bradley Wiggins, yang diganjar gelar "Sir" usai memenangi Tour de France 2012--kesuksesan pertama Inggris Raya dalam sejarah 100 tahun ajang tersebut.

Juru bicara dari Istana Buckingham juga dikutip mengatakan, "Saya dapat mengonfirmasi bahwa Ratu sudah memberikan ucapan selamat privat kepada Andy Murray menyusul kemenangannya di Wimbledon."

Pada Tahun Baru lalu, Murray mendapatkan penghargaan OBE (Officer of the Most Excellent Order of the British Empire). Ini adalah titel peringkat empat dalam gelar kekesatriaan Inggris. Murray mendapatkannya berkat keberhasilan menggondol medali emas Olimpiade London dan menjuarai AS Terbuka.

Sementara untuk bisa menyandang gelar "Sir", seseorang harus dianugerahi dua gelar kasta teratas, yakni GBE dan KBE atau DBE. Inilah yang kini diwacanakan untuk diberikan ke Murray.

Sejatinya, seorang figur publik mesti menanti empat tahun sebelum akhirnya diberikan penghargaan tertinggi. Namun, seorang sumber Daily Mail di pemerintahan mengatakan bahwa peraturan tersebut cukup fleksibel.

"Ini merupakan capaian besar. Yang pertama buat Inggris Raya dalam 77 tahun. Jika Anda melihat apa yang sudah terjadi kepada Bradley Wiggins, cukup logis dikatakan bahwa Andy Murray akan direkomendasikan untuk gelar kekesatriaan," ujar sumber itu.

Dukungan terhadap wacana itu tampaknya juga akan diberikan oleh Perdana Menteri David Cameron, yang terlihat cukup heboh menyaksikan langsung pertandingan final Murray dari Royal Box.

"Itu fantastis, itu sebuah penampilan brilian, hari luar biasa buat Andy Murray dan juga dunia tenis Inggris Raya sekaligus Inggris Raya pada umumnya."

"Itu luar biasa. Di Royal Box kami heboh sekali. Rasanya seperti Olimpiade. Itu seperti salah satu momen di mana seluruh negeri menyaksikan, dan ada seorang atlet yang sudah mendedikasikan hidupnya dan sedemikian ingin menang, dan kemudian menampilan performa amat bagus," puji Cameron.

Andy Roddick, mantan petenis nomor satu dunia asal Amerika Serikat, ikut urun komentar tentang wacana "Sir Andy Murray" tersebut. "Cukup yakin @andy_murray harus mengubah akun twitter-nya menjadi @sirandymurray... Dimainkan dengan baik dan (kemenangan Murray) diperoleh dengan pantas!" puji Roddick di akun Twitter-nya.





sumber | iniunic.blogspot.com | http://sport.detik.com/read/2013/07/08/152226/2295805/79/menanti-gelar-sir-untuk-murray?s99220269