Rabu, 29 Mei 2013

ini gan,.Stasiun Kereta yang Ada Mall nya


Berlin - Stasiun kereta di Eropa kerap tampil dengan fitur keren yang mencengangkan para traveler. Stasiun Berlin Hauptbahnhof di Jerman misalnya, bergaya futuristis dengan aneka toko dan restoran. Traveler pun kagum, ini stasiun atau mal?

http://images.detik.com/content/2013/05/30/1383/141044_berlinhbf5.jpg

Tiang-tiang seperti cendawan di basement stasiun

Hauptbahnhof berarti Stasiun Utama. Ini memang stasiun kereta paling paling vital di Berlin yang sudah dibangun sejak 1868. Lokasinya yang berada di tengah Berlin memang sangat strategis. Stasiun ini hanya dipisahkan Sungai Spree dari Gedung DPR dan Kantor Kanselir Jerman.

detikTravel pernah beberapa kali mampir ke stasiun ini beberapa waktu lalu. Meskipun umurnya lebih dari seabad, renovasi besar-besaran pada 2006 mengubah total stasiun ini menjadi sangat modern dan futuristis. Berlin Hauptbahnhof tampil dengan dominan kaca dari dinding luar dan atap. Rupanya, atap kaca ini tentu saja untuk menghemat listrik dengan cahaya alami.

Tidak hanya itu, Berlin Hauptbahnhof punya fitur unik. Relnya punya poros Barat-Timur dan Utara-Selatan sekaligus. Bagaimana mungkin? Untuk yang satu ini, kita harus salut dengan teknologi buatan Jerman.

http://images.detik.com/content/2013/05/30/1383/141032_berlinhbf4.jpg

Stasiun ini juga berfungsi sebagai mal

Berlin Hauptbanhof dibangun bertingkat 5 termasuk 2 lantai bawah tanah. Dengan begitu, mereka bisa memiliki peron di dua lantai yang berbeda. Peron dengan jalur kereta Barat-Timur ada di lantai 2 dengan rel model fly over seperti Gambir. Peron dengan jalur Utara-Selatan ada di basement dua, paling bawah.

Poros ganda Utara-Selatan dan Barat-Timur ini dirancang untuk menghemat ruang selain juga menghindari kepadatan arus lalu lintas kereta setiap hari. Bayangkan, setiap hari ada 620 KRL reguler (S-Bahn), 326 kereta antar kota (Regionalbahn) dan 261 kereta ekspres IC dan kereta peluru ICE. Ini belum ditambah jalur kereta bawah tanah U-Bahn.
http://images.detik.com/content/2013/05/30/1383/141000_berlinhbf2.jpg

Berlin Hauptbahnhof adalah stasiun penting di Eropa


Fitur lain yang juga keren adalah, Berlin Hauptbahnhof juga berfungsi sebagai mal. Jika lantai 3 dan basement 2 adalah peron kereta, maka 3 lantai di antaranya adalah kawasan belanja. Restoran dan fast food bertebaran. Sebut saja gerai semacam McDonalds sampai gerai kopi Starbucks. Jika traveler berjalan-jalan di dalam stasiun ini, rasanya sedang berjalan-jalan di mal.

Bagaimana tidak merasa demikian? Di mal, eh stasiun ini, juga ada toko buku, toko suvenir, apotik, toko baju bahkan sampai supermarket. Yang datang ke stasiun pun belum tentu para traveler, bisa saja orang yang berniat belanja atau makan karena memang tempat ini seperti mal.

Namun tentunya, Hauptbahnhof tidak melupakan fungsi utamanya dalam pelayanan penumpang kereta. Ruang pelayanan dan pemesanan tiket serta ratusan loker tersedia untuk digunakan para penumpang.

Dengan segala fitur dan fasilitasnya, tidak salah kalau Berlin Hauptbahnhof menjadi salah satu stasiun penting di Eropa. Berlin Hauptbahnhof melayani perjalanan kereta ke seluruh Jerman. Bahkan dari stasiun ini, para traveler bisa naik kereta ke Prancis, Belgia, bahkan sampai ke Republik Ceko.




sumber | iniunic.blogspot.com | http://travel.detik.com/read/2013/05/30/140808/2260330/1383/berlin-hauptbahnhof-stasiun-futuristis-yang-dilengkapi-mal?vt22021381