Jumat, 31 Mei 2013

Manfaat Hebat Ginseng: Tingkatkan Kerja Otak Hingga Bikin Pria 'Greng'


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjs7dE9BTVlyQa883kk1HfZs8U-a3capuJxYcubabTmqQWGtQpDIAnXQP0uTLJbdLQmzrmQ10ShP5gzG0s6VPmUhZ1r5zeqL27NTS1OSY-qEGdAF61EaX-eVbx2Idv6e2YY2L_dsYAKc6A/s1600/ginseng+korea.jpg
 
Geumsan, Korea Selatan, Berbagai penelitian menunjukkan ginseng memiliki banyak manfaat sehat bagi manusia. Tidak hanya mampu mengurangi rasa lelah, ginseng juga mampu meningkatkan kerja otak dan bahkan dipercaya mampu membantu mengatasi infertilitas pada pria.

Manfaat sehat ginseng dijabarkan panjang lebar di Museum Ginseng yang terletak di Geumsan, Korea Selatan. detikHealth berkesempatan mengunjungi museum tersebut dalam rangkaian Daejeon Medical Famtrip pada akhir Mei 2013 ini dan ditulis pada Jumat (31/5/2013).

Berikut ini beberapa manfaat hebat ginseng berdasarkan informasi yang dipaparkan di Museum Ginseng Geumsan:

1. Daya Tahan Tubuh

Menurut penelitian, ginseng Korea mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai stres yang bisa dirasakan tubuh. Selain itu ginseng bisa menjaga kondisi normal tubuh. Tak hanya itu, produk ginseng Korea juga bisa mengatasi kelelahan.

Penelitian yang mengungkap hubungan konsumsi ginseng dengan pemulihan kelelahan otot dilakukan oleh tim peneliti Universitas Korea. Dari penelitian diketahui konsumsi ginseng merah dalam periode tertentu dapat membantu mengatasi kelelahan dan mencegah anemia.

Ginseng merah Korea juga mengandung anti-stres karena mampu menjaga homeostasis dalam tubuh. Homeostasis adalah keadaan yang relatif konstan di dalam lingkungan internal tubuh.

2. Meningkatkan Kerja Otak

Dalam konferensi internasional tentang ginseng di Universitas Tokyo pada 1989, DR V.D. Petkov dari Academy of Sciences di Bulgaria mempresentasikan penelitian tentang ginseng dan otak. Penelitian itu mendorong peneliti lain untuk melihat adanya manfaat positif ginseng pada aktivitas otak.

Kemudian penelitian selanjutnya yang dilakukan D.O Kennedy di Inggris dan Kim Man-ho di Seoul National University menunjukkan ginseng mampu membantu mendeteksi degenerasi otak dan selanjutnya meningkatkan fungsi kerja otak. Saponin yang terdapat dalam ginseng adalah kandungan utama yang mampu meningkatkan kerja otak.

3. Atasi Disfungsi Seksual dan Infertilitas Pria

Berbagai studi menunjukkan bahwa ginseng Korea bermanfaat bagi pria yang mengalami disfungsi seksual. Bahkan beberapa penelitian mengungkap ginseng dapat mengatasi impotensi tanpa adanya efek samping.

Tak hanya itu, ginseng juga bisa bikin pria makin 'greng' lantaran mampu meningkatkan
kesehatan dasar dan stamina pria. Infertilitas pada pria juga konon bisa diatasi dengan konsumsi ginseng secara teratur.

Kandungan saponin dalam ginseng diketahui mampu melindungi testikel dari racun dan zat berbahaya akibat endocrine disruptor (substansi yang mengganggu sistem kestabilan endokrin (sistem hormon) dalam tubuh) sehingga dapat meningkatkan kualitas sperma.

4. Mengatasi Maag

Manfaat hebat ginseng lainnya adalah mengatasi tukak lambung alias maag. Sebab ginseng memiliki kandungan polysac-charide yang mampu melindungi selaput lendir lambung. Sedangkan kandungan saponin efektif mengatasi kelebihan asam dalam lambung.

5. Mengatasi Diabetes

Penelitian yang dilakukan oleh Prof J.S. Cho dari Gyeongbuk University, Korea, dan Prof H. Okuda dari Ehime University, Jepang, menunjukkan bahwa ginseng merah memberikan manfaat positif bagi mereka yang memiliki diabetes. Sebab ginseng memiliki kandungan acidic peptide, adenosine, dan asam pyroglutamic acid yang mempromosikan sekresi insulin.

Di Korea Selatan, ginseng dihadirkan dalam berbagai olahan sehingga lebih mudah dinikmati oleh masyarakat luas. Misalnya ginseng digunakan untuk memasak samgetang atau sup ayam dengan ginseng. Ada pula ginseng yang digoreng dengan tepung beras ketan, ayampanggang dengan ginseng dan bawang. Bahkan ginseng dibuat sushi dan burger sehingga lebih yummy saat dinikmati.

Tak hanya itu, masyarakat Korea Selatan juga berkreasi membuat teh ginseng, permen ginseng, dan cokelat ginseng. Dengan dibuat berbagai produk olahan, bagi yang tidak suka bau alami ginseng tetap bisa mengonsumsi ginseng dan merasakan manfaat sehatnya.




sumber | iniunic.blogspot.com | http://health.detik.com/read/2013/05/31/143132/2261527/763/manfaat-hebat-ginseng-tingkatkan-kerja-otak-hingga-bikin-pria-greng